Sunday, November 19, 2006

Opera Cake (in chocolate version)

Selalu ada kopi dalam cake opera, karena aku pingin ini cake bisa dimakan oleh anak-anak juga akhirnya aku hilangkan semua kopi di resep ini. Resep diambil dari www.scena.org



Resepnya gak susah-susah amat kok bikinnya. Gak terlalu ribet juga karena gak pakek kopi. Jadi gak ada acara siram menyiram kopi.

Loyang yang aku pakek loyang lapis surabaya kiriman kampung halaman. Ukuran 20 x 10 cm. Klo kurang satu (krn umumnya lapis sby kan pakek 3 loyang yah) Pakek aza loyang yang agak gedean ntar di potong jadi ukuran yang sama. Sisa potongannya bisa dibikin truffle lho ..

Soal rasa jangan diragukan heheh... perpaduan coklat en almond yang perfect. Klo bisa gunakan good quality chocolate sih.

Bahan:
Joconda biscuit
• 125 g Almond bubuk
• 125 g gula
• 30 g tepung
• 4 kuning telur
• 25 g butter
• 4 putih telur
• 20 g gula

Chocolate ganache
• 200 g Dark chocolate
• 150 g cream Glazing
• 80 g Dark chocolate
• 80 g cream

Cara:
Panaskan oven terlebih dahulu.Campur almond bubuk, gula, tepung dan kuning telur yang sudah dikocok sebentar. Aduk terus sampai rata. Adonan akan berupa paste.

Di mangkuk laen kocok putih telur sampai mengembang masukkan gula sambil tetap dikocok sampai soft peakMasukkan 1/3 bagian adonan putih telur ke adonan almond, aduk perlahan sampai rata. Masukkan adonan ini ke adonan putih telur perlahan aduk rata.

Bagi adonan kedalam 4 loyang 10 x 20 cm. Oven sampai kira-kira 15 menit di suhu 180 derajat.

Chocolate ganache:
Lelehkan coklat diatas double boiler pan, (mangkuk berisi coklat diletakkan diatas panci yang berisi air panas, dimasak dengan api yang kecil) Setelah coklat leleh masukkan cream. Aduk -aduk.
Angkat mangkuk dari atas panci. Aduk lagi sampai rata. Dinginkan

Glazing:
Sama dengan cara membuat chocolate ganache

Penyelesaian :Setelah dingin tuang 1 lembar biscuit (ato cake if you think so) dengan sebagian ganache sampai rata klo masih terlalu encer masukkan kedalam kulkas sebentar. Kerjakan sampai keempat cake terlapisi ganache, kecuali yang bagian paling atas. Tuang glaze pada lapisan paling atas. Lebih bagus hasilnya saat glaze masih hangat. Masukkan kedalam kulkas setelah set, Potong pinggir cake dengan rapi. Pakek pisau roti deh biar rapi

3 comments:

  1. Mba Rita,
    Mau tanya bole ya Mba? Hasil cakenya sebenernya gmana sih Mba? Moist pa agak2 crispy? Soalnya kalo liat hasil jadinya, sepertinya cakenya agak kasar ya Mba.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Mba Rita,
    Mau tanya bole ya Mba? Hasil cakenya sebenernya gmana sih Mba? Moist pa agak2 crispy? Soalnya kalo liat hasil jadinya, sepertinya cakenya agak kasar ya Mba.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. Hasilnya moist . Yang keliatan agak kasar itu almondnya hehehe...

    ReplyDelete

^.^ hi...