Thursday, September 7, 2006

Buttermilk Muffin with Corn (and choc chips too)

Pernah nyobain pancake pakek buttermilk ?? hmmm yum lho, kali ini aku nyobain muffin pakek buttermilk. Hasilnya lembuut trus manisnya pas deh buat keluargaku. Eh besoknya juga masih lembut kok asal klo nyimpan ditempat tertutup, aku selalu nutupin pakek plastik clingwrap aza. Satu resep aku bagi dua, satu bagian dikasih creamy corn kalengan satu bagian dikasih choc chips (yang ini aku bikin dikit aza, makanya gak bisa munjung, krn gak terlalu kental adonannya, tapi texturenya aluuuus banget, aku juga gak pakek paper cup/patty pan, krn pakek cetakan muffin bentuk hati ).

Buat yang lagi diet gak perlu kwatir deh, there is no butter in this recipe.

Resep aku ambil dari joy of baking, aku cuman rubah sedikit aza.

Buttermilk Muffin with Corn
Bahan:
2 1/2 cups (350 grams) tepung terigu (aku pakek self raising flour, jadi gak baking baking soda and baking powd)
3/4 cup (150 grams) gula
2 sendok teh baking powder
1/4 sendok teh baking soda
1/4 sendok teh garam
parutan kulit 1 biji lemon
2 butir telur
¾ cup (180 ml) buttermilk (aku pakek susu yang dicampur vinegar/cuka)
2/3 cup (160 ml) minyak canola ato bisa diganti minyak sehat laennya
1 sendok teh vanilla crystal/essence

Untuk corn muffin tambahkan:
1 cup creamy corn (aku pakek dari kalengan, bisa dibuat dari jagung manis pipil yang digodok sebentar trus diblender)
50 gr cheddar cheese (mau dibanyakin juga tambah sip.)

Photobucket - Video and Image Hosting

Sisa adonan dibikin choc chips muffin biar gak bosen heheh, tentunya tinggal ditambahin choc chips aza…begicu….Aku cuman sisain adonan buat 4 biji muffin choc chip krn lagi pengen muffin yang gak manis-manis banget kayak corn muffin ini. Jamin deh gak bakalan blenger klo mo buat bekal lunch.

Caranya:

Panas kan oven lebih dulu.
Campur semua bahan cair buttermilk, telur, dan minyak.
Di mangkuk lain campur tepung, gula, baking powder,baking soda,garam, parutan kulit jeruk lemon dan vanilla. Kemudian masukkan bahan cair, campur perlahan dengan menggunakan spatula. Jangan sampe kelamaan ngaduk.
Masukkan dalam dalam cetakan muffin 2/3nya aza klo kepenuhan bisa meluber adonannya. Masukan ke oven kurleb 20 menit gitu ato sampe matang.


No comments:

Post a Comment

^.^ hi...