Friday, June 22, 2007

McHotty, McSteamy....Mckaar.... (the bolkus)

Hi... temans... terimakasih buat temen semua yang dah ninggalin pesen di shoutbox, pm di multiply, juga email teman-teman yang penuh perhatian.
Terima kasih juga atas doanya...
It means alot to me.
Semoga Allah SWT membalas kebaikan temen-temen semua...
Amien

------------------------------------------------

Back to business...

Adakah temen-temen yang masih kena kutukan bolkus ?? well... you are not alone.. Joint the club... Singkatnya "SAMA" aku juga !

Semenjak aku umur 14 tahun seudah aku liat tulisan resep bolu kukus di sebuah majalah yang fotonya sangat menggiurkan....dengan kemekaran yang mempesona... so..mouth watering.. keliatan sangat empuk memikat... uuhhh.... gemess... ngliatnya aku cobain resep di majalah itu. Di dapur ibuku the bolkus put on the test...

Setelah berkutat sesorean ... bahan ditimbang dg seksama... kocok... dikukus...huallahh gagal yang ada malah bantat... Aku yakin bukan resepnya yang salah.. tapi akunya yang belom memahami tekhniknya. See that's the different between cooking and baking... in this case steaming. Segagal-gagalnya masak masih bisa ketolong... lha ini bantat yang ku dapat.

That's the first trial... and there were second and third trial.... all trials ended up with hall of shame...

And one day.... I collected my courage to do once more... this time... I did it with my own formula... It should be thick! That's knotty on my mind.... and the result viola... I did it...!

Yeah that was rita kecil..mate... mungkin secara kebetulan aza... seudah berhasil gak pernah ada lagi bolkus bantat di dapur.. bahkan yang gak bantat pun.. juga gak ada, aku gak pernah bikin lagi sesudah itu.

Tetapi setelah berumah tangga dan tinggal dirantau... bayang-bayang bolu kukus datang lagi. Tapi kali ini bolkusku gak pernah bantat tapi juga gak pernah mekar sampai ngakakkk... Biar begitu kita tetep suka sama bolkus yang ini... lembut biar sampe beberapa hari asal disimpen ditempat tertutup. The making of bolkus jalan terus... gak masalah biar gak ngakak yang penting kan rasanya. Jadi klo ngasih temen lebih baek di kukus dalam cetakan besar sekalian trus pas mo nganterin dipotong kotak-kotak gitu heheh... ya kan gak ketauan klo gak ngakak .... Ternyata temenku suka lho malah dia minta resepnya.

Setelah jalan-jalan di blog teman-teman yang berhasil bikin bolu kukus... (am I the only one failed here?) Dua hari yang lalu aku coba lagi pakek resep mbak Fat yang bahannya 2212 itu tapi kali ini aku masukin baking powder... dengan steamer listrik kayak punya mbak Fat. Sebenernya steamer ini aku beli bukan buat bolkus tapi cenderung buat kukus sayuran dan gak terbersit sekalipun buat bikin bolkus... dodol banget...



Akhirnya dengan nambahin baking powder, semua bahan aku campurin jadi satu dan kocok sekaligus, sampai mengental... bolkusku mekar.... hiks...hiks... *terharu* for the first time ever... Karena kukusannya kan bening jadi keliatan prosesnya. Trus pas ngintip contekannya di bilang kukus 20 menit... aku tunggu 20 menit .. padahal sudah mekar ayu tuh... nunggunya sambil ditinggal-tinggal. Begitu alarm buzz buruan aku matiin en angkat WAKKSSS..... bolkus yang dah ngembang ayu jadi mengkeret hikssss...... kebanyakan nyerep air dia...

Well at least aku dah bikin bolkus ngakak... biarpun akhirnya mengkeret.

Saat itu juga aku bikin lagi dengan resep favourite ku. Dengan nambahin baking powder juga...
Kenapa baking powder ? Karena botol soda udah dibuka sebelomnya (kita beli kan at least satu litter gitu). Jadi biar aman aku tambahin aza. Dan kali ini aku gak mo gagal aku tungguin .... eeennn... MEKAR...NGAKAK.... huhuy... seneng banget.. cuman perlu waktu 12 menit bolkus sudah mekar dan matang...

Finally ... after all this years... I can achieve what I've dreaming for...huahahahaha... NGAKAK BOLKUS.

Selain dengan baking powder aku rasa penggunaan kukusan tumpuk tiga yang aku pakai ini juga pengaruh ... karena adonan gak perlu nunggu giliran masuk di kukusan. The other good thing with this steamer is you can use it for storage too. See the picture


Resep favouriteku ngambil dari Bogasari:

BOLU KUKUS (revised)

(oleh Bogasari ditambahin lagi ma rita)
Bahan :
250 gr tepung terigu Kunci Biru
250 gr gula pasir
3 butir telur ayam
160 cc air kelapa/air soda
pewarna coklat, mocca, dan merah
(Aku tambahin 1 sdt baking powder plus 1 sdt sp ato any emulsifier)

Cara Memasak :
- Telur dan gula dikocok selama 1/2 jam dengan kecepatan tinggi
(aku kocok semua bahan jadi satu sampai kental )
- Masukkan tepung sedikit-sedikit sambil diaduk
- Masukkan air kelapa/air soda, aduk rata
- Ambil sedikit adonan untuk ditambah pewarna
- Tuangkan ke dalam cetakan bolu kukus yang sudah dilapisi kertas roti. Di atasnya tambahkan 1 sendok makan adonan yang berwarna
- Kukus selama kurang lebih 10 menit







17 comments:

  1. I am joining the club. Punyaku gak bantat Rit tapi cemberut. maksud hati mau nyenengin suami yang jatuh cinta sama bolkus, coba dua kali masih juga cemberut, akhirnya nyerah. Apa cetakan pengaruh ya Rit? karena gak punya cetakan bolkus aku pake mangkuk kecil aja yang gak bolong-bolong.

    ReplyDelete
  2. klo gak ada cetakan kecil... sekalian bikin yang gede aza Han... pakek saringan plastik yang untuk microwave...heheh... ini deh caraku dulu. sekalian adonan masuk semua... sedikit tersenyum soal rasa sama aza.

    eh aku baru nyadar klo resep asli gak pakek sp... sedengkan aku pakek sp.. buruan deh aku edit...

    ReplyDelete
  3. mbak ...

    duluww, pertama kaliy nyoba mekar merekah menul2 tapi bawahnya bantet :(

    kedua & ketiga nyoba ... masih mekar merekah & bawahnya dah gak bantet lagiy

    ehh ndilalah ... minggu kemaren bikin lagi niatnya pengen buat bekel ke kantor ... hmm, gak bantat sih cumaaa mingkem dengan sukses :D ...

    nanti aku coba resep-nya mbak rita deh .. :)

    ReplyDelete
  4. haha... iya yah yul itu lah keunikan bolkus... bikin orang pantang menyerah. Kapan hari itu aku nyobain lagi pakek self raising flour... kali-kali aza mau lebih nyeprok huahah... gak taunya cuman mingkem dan rasanya juga jadi laen.

    ReplyDelete
  5. Mbak Rit,

    Yg minggu lalu bikin itu pake self raising flour juga, pemikiran-nya biar tambah mekar gituh .. tapina .. mingkem dengan sukses .. hehehe & bener mbak rita bilang, rasanya jadi aneh :(.

    Wess, nanti malem mo nyoba bikin yg resep mbak rita ini deh .. :)

    ReplyDelete
  6. Salam Kenal Mbak Rita, ijin ngelink blognya ya...
    Pengalamanku kalo bolkus mekar terus mengkeret lagi, itu karena overmix mbak, atau terlalu banyak bahan cair. Wah, bener ga bisa berhenti eksperimen bolkus ini, padahal yg makan juga udah eneg hahaha...

    ReplyDelete
  7. to ~s h i n t a~ : thanks ya sarannya entar aku perhatiin lagi deh. Hari ini sebenernya tangan gatel pengen bikin bolkus lagi... tapi kok gak tega, hubby bawa tea time ke kerja tiap saat bolkus beibeh heheheh...

    ReplyDelete
  8. Thanks say u/ sharing story ttg kejadian di dapurmu. Gw baru bikin bolu satu kali tapi BANTET! kesel deh.. trus belum pernah coba bikin lagi. Gw kira I am the only one fail making bolu ajaib ini hehehhe. Tips mu ntar tak tiru deh.
    if that works for you it may work for me too:)
    sekalian mau aku link di web ku yah.

    ReplyDelete
  9. Halo mba Rita, bagus banget bolu kukusnya. Pake electric steamer merek apa? Tau engga berapa watt? Pengen beli nih! :-)
    Soalnya udah desperate, nyoba bikin bolu kukus beberapa kali jadinya muffin melulu. :-P
    Ma kasih yah!

    ReplyDelete
  10. Mba Rita, aku lagi...yang nanya electric steamernya merek apa. Hehe. Mau tanya juga mba kan pake resep bogasari u/ bikin bolu kukus. Itu sprite sama terigu juga dikocok sekaligus 30 menit sama bahan2 yang lain? Atau sprite sama terigu dimasukin terakhir?
    Ma kasih lagi!

    ReplyDelete
  11. Hallo Larisa... thanks dah mampir sini...ya.. itu bahan aku masukin semua termasuk spritenya juga...aku pakek mixer besar say... semoga sama sma punya kamu gak sampe 30 menit klo pakek mixer besar, cuman 10 menit sudah mengental kok.
    Klo hand mixer perlu waktu yang agak lama, aku seh suka ngocoknya sampe keliatan mengental geto...

    Steamernya aku punya merk george foreman. 700 watt... cepet banget say..(^_^)

    ReplyDelete
  12. Hiiii, maaf nimbrung yaa ....hari ini aku baru masuk ke blognya mbak Rita. Karena fotonya cantik cantik, akhirnya tidak bisa menahan hati untuk baca-baca artikelnya ^_^ . Mau sharing sedikit nih buat keteman-teman yang sudah pernah merasakan kutukan bolkus. Sebelumnya juga aku selalu sakit hati, senang liat dan makan bolu kukus, tapi cuma bisa kalo beli doang, kalau buat sendiri nggak pernah berhasil. Tapi belakangan aku sudah sukses sejak pake resep Mbak Fat yg 212 dan Resep Riana yg 200 (NCC-Indonesia.com)... Intinya, cetakan yang berisi adonan baru boleh di masukkan ke steamer setelah steamer dlm keadaan mendidih paling kurang 15 menit dan apinya diusahakan besar biar uapnya kencang (jadi sebelum mengocok adonan, steamer sebaiknya sdh dipanaskan terlebih dahulu). Trus kalo aku sih ngukusnya kurang lebih 15-20 menit aja. Mengenai cairan, tanpa baking powderpun sih kayaknya jadi (krn resep Mbak Ri yang hanya pake yoghurt juga sukses tuh). Segitu aja sih mbak, semoga nggak pernah gagal lagi. Salam kenal yaaa dari Rina-Mks.

    ReplyDelete
  13. Hi... Rina... thanks dah mampir di blogku (^_^) aku jg pernah kok pakek resep mbak Fat ... perlu waktu 12 aja sebenernya di steamer itu, ngembang bagus sekali... ngakak bener-bener gak sopan huahahah.... sayangnya waktu itu aku biarin agak lamaan krn di bilang di situ 20 menit, jadinya nyerep air en menciut mengenaskan ...

    Aku recommend tuh resep mbak Fat !! (^_^)

    ReplyDelete
  14. Ma kasih Rita buat info tentang electric steamer-nya! Pengen beli aah electric steamer-nya. Terus ditaronya di yang paling tinggi yah supaya banyak uap-nya?

    ReplyDelete
  15. Larisa :aku pakek tiga-tiganya tuh, cuman emang yang paling bawah lebih cepet mekarnya.

    ReplyDelete
  16. hi,

    saya mau tanya, dimana ya saya boleh membeli cetakan bolkus seperti yang aa di gambar? makasih.

    ReplyDelete
  17. hallo Nadia... kamu dimana ?? klo kamu di Melbourne ada tuh di Indonesia grocery di glenferrie rd hawthorn

    ReplyDelete

^.^ hi...