Wednesday, November 30, 2005

Chiffon Keju

Cake ini nurut aku enak banget klo udah dingin, lembuuut banget. Saking demennya aku bikin sampe empat kali huahahaa.... abis belom puas menikmati eh ada tamu pada demen deh, laris manis...

Loyang gak perlu di semprot minyak agar adonan bisa mengembang sempurna. Kejunya aku parut agak gedean ukurannya jadi lebih terasa cheesy. Hhmmmm...

Aku ambil resep ini dari dapurnya Pennylane.

Chiffon Keju

Source: Seri Masak Femina Primarasa - Cake Istimewa Semua Yummy

Bahan:
150 g terigu protein rendah, ayak
100 g keju cheddar, parut
1/2 sdt soda kue1 sdt baking powder
1/2 sdt garam100 g gula kastor
100 ml minyak goreng
100 ml susu cair
5 kuning telur (dari telur @ 70 g)
7 putih telur (dari telur @ 70 g)
1/2 sdt cream of tartar

Cara Membuat:
Panaskan oven pada 180 derajat Celcius. Siapkan loyang chiffon (aku sih pakek loyang biasa aja, abis belom punya) diameter 24 cm. Jika ada, gunakan loyang chiffon berkaki. Jangan olesi bagian dalamnya dengan minyak/margarin.

Campur terigu dengan keju parut, soda kue, baking powder, garam, dan 2 sdm gula kastor, aduk rata. Buat lubang di tengah campura tepung, tuangi minyak goreng, susu dan kuning telur. Aduk dengan pengocok kawat hingga licin, sisihkan.

Kocok putih telur dengan mikser berkecepatan sedang hingga berbusa, masukkan cream of tartar dan sisa gula dalam beberapa tahapan. Kocok hingga putih telur membentuk ujung yang tumpul waktu mikser diangkat.

Masukkan putih telur dalam beberapa tahapan ke dalam adonan tepung, aduk perlahan hingga rata.

Perciki bagian dalam loyang dengan air masak
Tuang adonan ke dalam loyang. Masukkan dalam oven, panggang hingga matang (lk 75 menit). Tandanya tidak ada sisa adonan yang menempel ketika ditusuk dengan lidi.

Keluarkan kue dari oven, segera balikkan loyang hingga kue benar-benar dingin (lk 1 1/2 jam). Keluarkan kue dari loyang dengan bantuan spatula/pisau panjang.

No comments:

Post a Comment

^.^ hi...